Berita

    Ketahui Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan

    Mengendarai mobil matic di tanjakan dianggap sebagian besar pengemudi sebagai hal yang gampang-gampang susah. Mereka biasanya skeptis dan pesimis karena takut akan risiko yang mungkin diperoleh jika tidak becus mengendarai mobil tersebut di tanjakan.

    Jika Anda merupakan salah satu dari mereka, maka sebaiknya jangan khawatir. Karena ada sejumlah cara yang bisa Anda jadikan solusi. Maka dari itu, maka segera pelajari cara-cara mengendarai mobil jenis matic dalam informasi di artikel ini!

    Cara Mengendarai Mobil Matic di Tanjakan

    Untuk mengendarai mobil jenis matic di jalanan menanjak, Anda sebenarnya melakukan cara-cara yang lebih simpel dibandingkan ketika mengendarai mobil jenis manual. Apa saja itu? Berikut adalah cara-cara mengendarai mobil jenis matic ketika berada di jalan menanjak:

    • Memastikan Permukaan Jalanan

    Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam mengendarai mobil jenis matic di tanjakan adalah memastikan permukaan jalannya. Jadi, Anda harus paham betul kecenderungan jalan dari aspek kemiringan dan tanjakannya. 

    Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah mempersiapkan diri dalam pergantian persneling sebelum sampai di tanjakan. Nah, ini sangatlah krusial, sebab persneling mobil wajib telah pada arah D2, bisa juga diturunkan pada Low dulu. 

    Posisi transmisi itu bisa memberi daya luncur stabil. Secara umum, persneling itu bisa diibaratkan layaknya gigi 1 pada mobil manual. Pastinya, jenis itu berbeda untuk masing-masing mobil dan pastikan untuk memahami tiap jenis transmisi mobil. 

    • Melakukan Penyesuaian Tuas Transmisi dengan Keadaan Tanjakan

    Cara mengendarai mobil matic di tanjakan selanjutnya masih dapat dibilang berhubungan dengan pemilihan transmisi secara tepat. Nah, perlu Anda ketahui bahwa sangatlah jelas jika mobil wajib dalam keadaan transmisi paling rendah. 

    Akan tetapi, ketika Anda memulai berkendara, sebaiknya pastikan persneling yang Anda pilih bisa memberikan daya dorong pada mobil. Lazimnya, medan yang memiliki karakteristik curam membutuhkan penggunaan mode D ke atas. 

    Jika Anda belum mengetahui apa maksud dari mode D ke atas, maka pahamilah jika itu ialah opsi D2. Apabila mobil matic Anda telah mempunyai mode itu, pastinya transmisi tersebut bisa memicu kendaraan menjadi semakin memiliki tenaga.