Berita

    Kelebihan & Kekurangan Mobil Bertransmisi Manual

    Mobil transmisi manual adalah mobil yang itu mengandalkan pengemudi untuk menggunakan kopling untuk berakselerasi. Tapi sebelum memutuskan membeli mobil jenis ini, ada baiknya Anda mengenal kelebihan dan kekurangan dulu. 

    Simak penjelasan lebih detailnya mengenai kelebihan dan kekurangan mobil bertransmisi manual. 

    Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual: 

    • Mobil Transmisi Manual Mudah Dirawat

    Mobil dengan transmisi manual biasanya lebih mudah dirawat daripada transmisi otomatis. Sebagai permulaan, sebagian besar transmisi manual cenderung tidak terlalu rumit daripada otomatis, yang berarti lebih sedikit masalah yang terjadi. 

    Satu-satunya item perbaikan yang sering terlihat pada sebagian besar perpindahan stick adalah kopling dan komponen itu biasanya tidak perlu diganti. 

    • Oli yang Lebih Awet 

    Mobil transmisi manual menggunakan oli roda gigi atau oli mesin, dalam banyak kasus. Tidak seperti cairan transmisi otomatis (ATF), cairan ini tidak cepat rusak seiring waktu dan tidak perlu sering diganti. 

    Beberapa produsen bahkan menyarankan bahwa cairan transmisi manual tidak perlu diganti kecuali jika ada kebocoran atau setelah perbaikan selesai.

    • Lebih Hemat Bahan Bakar

    Penghematan bahan bakar biasanya jauh lebih baik pada mobil yang dilengkapi tongkat persneling. Ini karena transmisi manual memiliki rotasi per menit (RPM) lebih rendah sehingga membutuhkan bahan bakar lebih banyak jika dibandingkan dengan trasmisi otomatis. 

    Mobil dengan transmisi manual bisa menghemat bensin hingga 5% sampai 15% jika dibandingkan mobil otomatis. 

    • Lebih Mudah Dikendalikan

    Mengendarai mobil stick shift memberi Anda kendali yang lebih baik atas kendaraan Anda. Tanpa konverter torsi yang terus-menerus mendorong Anda ke depan, Anda akan lebih mudah mengerem. 

    Ditambah, biasanya harga mobil bertransmisi manual lebih murah saat masih baru daripada rekan otomatisnya, terutama di pasar mobil kelas bawah.

    Kekurangan Mobil dengan Transmisi Manual: 

    • Lebih Sulit Untuk Dipelajari 

    Belajar dengan mobil transmisi manual seringkali membutuhkan lebih banyak waktu karena Anda harus melakukan beradaptasi dengan perubahan gigi dan penyesuain kopling.

    • Mengemudi Lalu Lintas Padat