Berita

    Simak Fungsi Lampu DRL Mobil Yang Membuat Makin Aman Dalam Berkendara

    Kelengkapan mobil menjadi poin penting yang harus diperhatikan saat Anda berkendara. Salah satu spare part yang penting untuk diperiksa saat akan berkendara adalah lampu. Kini fitur lampu pada mobil keluaran terbaru semakin lengkap dan salah satunya adalah lampu LDR. Lampu DRL mobil punya fungsi penting yang akan menjaga keselamatan dan keamanan saat berkendara. 

    Apa Itu Lampu DRL Mobil?

    Mari berkenalan dulu dengan jenis lampu yang satu ini. DRL itu sendiri adalah kependekan dari Daytime Running Light. Jenis lampu ini dulu mungkin belum banyak digunakan namun sekarang sudah banyak ditemui pada mobil-mobil keluaran terbaru. Kehadirannya melengkapi fungsi lampu lain dan akan meningkatkan keamanan berkendara. 

    Sayangnya, sebagai fitur baru ternyata lampu DRL ini belum banyak dimanfaatkan oleh pengguna mobil. Masih banyak pengendara yang tidak mengetahui bagaimana cara pemakaian lampu DRL yang benar. Itulah mengapa penting sekali bagi pengendara untuk mengenal lebih jauh mengenai fitur lampu yang satu ini. 

    Lalu apa bedanya lampu DRL dengan LED yang digunakan sebagai lampu utama mobil? LED digunakan pada lampu utama dan akan memberi penerangan optimal agar lingkungan jalan terlihat jelas. Sementara itu  lampu DRL mobil merupakan lampu yang akan menyala saat mesin juga menyala di siang hari dan lebih fokus memberi tanda bagi pengguna jalan yang lain. 

    Fungsi Lampu DRL Mobil

    Setiap komponen pada mobil pasti memiliki fungsi masing-masing. Begitu juga dengan lampu DRL ini. Pengendara bisa memanfaatkan lampu ini dengan baik jika paham apa sebenarnya fungsi yang dijalankan. Berikut adalah beberapa kegunaan yang penting untuk diketahui:

    • Memberi Tanda pada Pengendara Lain

    Fungsi pertama, lampu DRL ini akan membantu memberi tanda pada pengendara mobil yang lain. Saat berkendara, lampu ini akan menjadi simbol bahwa ada mobil Anda yang sedang melaju di jalanan. Saat pengguna jalan lain akan menyalip mobil, maka akan lebih mudah dan aman karena ada tanda yang diberikan oleh lampu DRL tersebut. 

    Keberadaan lampu ini sangat efektif jika Anda berkendara di medan yang berkabut atau mungkin visibilitasnya kurang. Jangkauan pandang yang minim seringkali membuat pengendara tidak bisa mengawasi adanya mobil lain. Oleh sebab itu dibutuhkan lampu DRL yang akan mempermudah pengendara mengetahui adanya mobil lain di jalan. 

    • Mengurangi Risiko Kecelakaan