Berita

    Tips Melewati Tanjakan tanpa Membebani Mobil

    Salah satu tantangan saat mengemudi adalah ketika tanjakan. Terutama jika kendaraan yang digunakan memiliki mesin yang tidak terlalu kuat atau bahan bakar yang tidak memadai. Namun tentu saja, Anda bisa melakukan hal ini dengan tips melewati tanjakan. 

    Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya mobil dapat dengan mudah melibas jalan menanjak. Berikut ini penjelasan ringkasnya!

    Tips Melewati Tanjakan untuk Pemula

    Bagi pengemudi pemula, seringkali menjadi kendala saat harus melintas pada jalan tanjakan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin mulus saat melintasi tanjakan:

    • Mempersiapkan Kendaraan

    Sebelum Anda mulai melintasi tanjakan, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Periksa tekanan ban, pastikan level oli mesin dan pendingin sesuai, dan sistem pendingin mesin bekerja dengan baik. 

    Memastikan kendaraan dalam kondisi optimal akan membantu mesin bekerja lebih efisien saat melewati tanjakan. Untuk itu, sebaiknya Anda periksa dulu semuanya sebelum mulai berkendara.

    • Pilih Tanjakan yang Tepat

    Apabila Anda masih sangat pemula, sebaiknya cari tahu tanjakan yang akan Anda lalu. Pilihlah lintasan atau rute yang tidak terlalu curam jika memungkinkan. 

    Hindari jalan yang memiliki kemiringan ekstrim, terutama jika kendaraan Anda memiliki performa mesin yang terbatas. Jalan yang lebih landai akan memudahkan perjalanan dan mengurangi beban pada mesin kendaraan. 

    • Perhatikan Teknik Mengemudi

    Khusus untuk mobil manual, biasanya pengemudi melakukan teknik setengah kopling. Sebaiknya hindari teknik ini. Sebab hal tersebut akan membuat kinerja kopling jadi lebih berat, dan kampas mudah aus. 

    Gunakan gigi satu atau dua untuk menanjak. Kemudian gunakan pula menahan kopling dan gas sesekali saja. Tidak untuk jangka panjang.

    • Pilih Transmisi yang Tepat

    Tips melewati tanjakan berikutnya adalah dengan menggunakan transmisi yang tepat. Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan transmisi manual, gunakan gigi yang tepat saat mendaki tanjakan. 

    atur gigi transmisiPexels.com

    Namun jika Anda menggunakan transmisi mobil matic, maka posisikan persneling mobil ke D1 atau bisa juga L. Anda bisa menggunakan rem tangan apabila tidak ingin mengeluarkan begitu banyak tenaga. Tapi jika tidak, gunakanlah rem kaki saja.

    • Manfaatkan Rem Tangan

    Anda harus mulai membiasakan diri dengan menggunakan rem tangan. Sebab, penggunaan rem ini sangat disarankan jika melewati jalan menanjak.

    Apabila Anda memilih menginjak rem, ada risiko mobil mundur ketika pedal dilepaskan. Untuk itu, Anda sebaiknya menggunakan rem tangan saat menaiki jalan yang menanjak.

    Sebab, rem tangan ini mampu bekerja dengan menahan laju mobil secara merata. Lebih baik daripada dengan menginjak pedal rem.

    • Jaga Jarak dengan Kendaraan Lain

    Saat mendaki tanjakan, pastikan Anda menjaga jarak yang cukup dengan kendaraan lain di depan Anda.

    Ini akan memberikan Anda ruang untuk bergerak dengan bebas dan mencegah Anda terjebak di belakang kendaraan yang bergerak lambat atau mengalami masalah.

    Idealnya, jarak antar mobil adalah 2-3 meter. Supaya Anda jadi lebih aman saat berkendara di jalan menanjak. 

    Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa melewati tanjakan tanpa membebani mobil. Lalu juga dapat menjaga kinerja mesin kendaraan tetap optimal. Ingat untuk selalu mengemudi dengan bijak dan bertanggung jawab demi keselamatan diri dan pengguna jalan!

    Selain memperhatikan tips melewati tanjakan, jangan lupa untuk selalu melakukan servis rutin mobil Anda! Dengan begitu, mobil tetap siap melaju dalam keadaan jalan apapun. anda bisa melakukan servis rutin di bengkel resmi Suzuki.