Berita

    Ketahui Mengenal Titik Buta Kendaraan dan Cara Antisipasinya

    Apakah Anda sudah pernah mendengar titik buta kendaraan? Semua jenis kendaraan mempunyai area pandangan tidak kasat mata. Inilah yang disebut dengan blind spot atau titik buta. Titik buta adalah istilah yang sering dilupakan pengemudi.

    Pada dasarnya, setiap jenis kendaraan mempunya titik buta berbeda-beda. Bergantung dari jenis kendaraan yang digunakan. berikut informasi mengenai titik buta dan langkah mengantisipasinya. 

    Pengertian Titik Buta Kendaraan

    Titik buta merupakan blind spot yang ada di setiap kendaraan dan membuat pengemudi atau pengendara tidak bisa melihat di area pandang tertentu. Lantas, seberapa penting titik buta ini saat berkendara? Tentu saja sangat penting karena titik buta juga menjadi penyebab tingginya kecelakaan. 

    Walaupun istilah titik buta ini sering terdengar, sayangnya tidak sedikit pengendara yang mengabaikan masalah titik buta ini. Pengendara atau pengemudi yang mengalami kecelakaan lalu lintas umumnya mengakui karena tidak memperhatikan kendaraan yang berada di sekitarnya.

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, titik buta yang dimiliki satu kendaraan dengan kendaraan yang lain berbeda-beda. Hal ini disebabkan karena perbedaan jangkauan spion yang terbatas, muatan yang dibawa hingga desain kendaraan. 

    Oleh sebab itu setiap pengemudi harus memperhitungkan titik buta yang dimilikinya masing-masing. Bukan hanya pengemudi, setiap produsen bahkan memperhatikan dengan baik titik buta yang dialami pengemudinya. 

    Dengan perkembangan zaman, tidak sedikit produsen mobil yang memberikan fitur baru untuk mengurangi titik buta. Namun, meskipun produsen kendaraan sudah membekali berbagai macam fitur yang mengurangi titik buta, pengemudi harus waspada serta berhati-hati memperhatikan keadaan yang berada di sekeliling ketika mengendarai mobil. 

    Cara Mengantisipasi Titik Buta Mobil

    Sesudah mengenal masalah titik buta, pasti Anda penasaran cara untuk mengatasinya. Berikut langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi titik buta, antara lain:

            1. Atur Kaca Spion Terlebih Dahulu

    Sebelum menggunakan mobil, pastikan mengatur kaca spion. Kaca spion merupakan komponen penting yang tidak boleh dilupakan ketika berkendara. Agar dapat mengurangi titik buta kendaraan ketika berkendara, sebisa mungkin periksa serta atur spion terlebih dulu. 

    Untuk mobil, terdapat 3 kaca spion yaitu 2 yang berada di bagian samping, kemudian satu berada di bagian dalam. Pastikan selalu mengecek kondisi tiga kaca spion tersebut, apakah sesuai atau belum. Tiga kaca spion ini mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing, sehingga harus dimaksimalkan.