Berita

    Lampu Tanda Belok: Rangkaian & Komponennya

    Setiap mobil memiliki lampu baik pada bagian depan maupun bagian belakang. Selain menjadi daya tarik dari segi desainnya, lampu mobil memiliki fungsi yang penting. Lampu tersebut juga mempunyai banyak fungsi lainnya. Agar lebih memahami fungsi lampu tanda belok, pengemudi juga harus mengenal berbagai komponennya.

    Fungsi Lampu Tanda Belok

    Sesuai namanya, fungsi lampu tanda belok adalah memberikan tanda ketika pengemudi ingin berbelok kanan atau kiri dan berguna ketika pengemudi sedang berada di tikungan, pertigaan, perempatan atau jalan putaran. 

    Ketika pengemudi mengaktifkan lampu tersebut maka pengendara lain di belakang maupun di depan Anda mengetahui bahwa Anda akan berbelok. Berikut akan kami jelaskan fungsi lampu tanda belok: 

            1. Tanda untuk mendahului mobil lain

    Ketika sedang mengemudi dan Anda ingin menyalip mobil di depan Anda, maka lampu tanda belok perlu diaktifkan agar pengemudi di depan Anda mengetahui dan memberi jalan. Tanda ini membuka ruang untuk menyalip dan tidak membahayakan pengemudi lain.

            2. Informasi untuk mobil lain dari lawan arah Anda

    Lampu tanda belok juga berfungsi untuk memberikan sinyal kepada mobil dari lawan arah agar tidak terjadi tabrakan. 

    Ketika mobil dari lawan arah masuk ke jalan Anda untuk menyalip mobil depannya, Anda perlu berjalan lebi pelan dan menyalakan lampu belok agar mobil tersebut segera kembali ke jalurnya. Begitupun sebaliknya.

            3. Tanda pindah jalur

    Lampu tanda belok dapat juga difungsikan sebagai tanda bahwa Anda akan berpindah jalur. Hal ini sering dilakukan pada jalanan bebas hambatan atau jalan tol.

    Anda perlu menyalakan lampu belok ketika akan berpindah jalur untuk memberikan informasi kepada mobil di belakang Anda khususnya mobil yang jalurnya akan Anda masuki.

    Lalu, mobil di belakang Anda akan memperlambat kecepatan mobilnya dan menjaga jarak aman.

    Itulah beberapa fungsi lampu tanda belok yang perlu Anda ketahui. Etika penggunaan lampu tanda belok tersebut wajib diterapkan agar pengendara bisa saling menjaga keselamatan diri.

    Rangkaian Lampu Tanda Belok 

    Dalam rangkaian pengaturan kelistrikannya, lampu tanda belok akan menyala ketika kunci kontak mobil pada posisi β€œon”. Jalur listrik dari baterai sebelum ke saklar diatur agar melewati kunci kontak terlebih dulu.