Berita

    Lampu Hazard! Apa itu? Fungsi dan Kegunaannya

    Lampu hazard mobil merupakan sebuah komponen pada mobil yang umumnya digunakan pada masa-masa genting saat sedang berkendara di jalan. Lampu ini dicirikan dengan sebuah tombol yang memiliki simbol berbentuk segitiga dan berwarna merah. 

    Biasanya, tombol lampu hazard ini berada di tengah dashboard. Ketika tombol ini ditekan, nantinya kedua lampu sein pada mobil Anda akan mengedip sebagai sinyal. Selengkapnya terkait fungsi dari lampu hazard pada mobil ini akan dijelaskan pada poin-poin di bawah ini.

    Fungsi dan Kegunaan dari Lampu Hazard Mobil

    Oleh karena lampu hazard ini difungsikan pada keadaan genting sebagai sinyal yang menandakan bahwa mobil Anda mengalami masalah ataupun keadaan darurat, maka tombol lampu ini sebaiknya tidak diaktifkan secara asal.

    Nah apa saja fungsi dan kegunaan dari lampu hazard mobil ini? Berikut penjelasannya.

    • Sebagai Peringatan Kecelakaan

    Fungsi pertama dari lampu hazard pada mobil ini, yaitu sebagai penanda atau peringatan bahwa sedang terjadi kecelakaan. Apabila dengan terjadinya kecelakaan tersebut membuat Anda berhenti secara mendadak di tengah jalan, maka Anda perlu menyalakan lampu hazard ini.

    Dengan Anda memberikan peringatan bahwa telah terjadi kecelakaan kepada pengguna jalan yang lain, maka Anda akan meminimalisir kemungkinan terjadinya risiko kecelakaan yang lain.

    Pasalnya dengan Anda menyalakan lampu hazard, maka pengguna jalan yang lain akan memperlambat laju kendaraan mereka.

    • Sebagai Isyarat Kerusakan Kendaraan

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lampu hazard mobil memiliki fungsi sebagai pemberi isyarat atau sinyal ketika kendaraan Anda mengalami keadaan darurat.

    Beberapa kondisi mobil yang tergolong ke dalam keadaan darurat, yaitu mulai dari kerusakan pada komponen mobil yang membuat mobil menjadi mogok, ban pecah yang membuatnya harus diganti, maupun terjadinya kecelakaan.

    • Dinyalakan saat Mobil Diderek

    Kegunaan lain dari lampu hazard pada mobil, yaitu dapat dinyalakan ketika posisi mobil Anda sedang diderek. Hal ini perlu dilakukan untuk menginformasikan pada kendaraan lain yang berkendara di belakang mobil Anda untuk lebih berhati-hati.

    Perlu diingat juga bahwa karena antara mobil yang diderek dengan mobil yang menderek itu akan bergerak bersamaan di jalan, maka lampu hazard ini juga sebaiknya dinyalakan oleh kendaraan yang menderek.

    • Dinyalakan saat Dihentikan Petugas Lalu Lintas