Berita

    Ketahui Berbagai Jenis Klakson pada Mobil

    Tahukan Anda bahwa variasi jenis klakson mobil berbeda-beda dan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Mungkin yang Anda tahu, bunyi klakson hanya satu bunyi saja. Padahal banyak jenis sumber klakson yang perlu Anda ketahui.

    Fungsi klakson memang sama saja, yaitu untuk memberikan peringatan kepada pengemudi lain. Maka dari itu, informasi mengenai berbagai jenis klakson dapat Anda ketahui agar tidak ketinggalan informasi tentang komponen penting pada mobil.

    Jenis Klakson Mobil yang Sering Digunakan

    Sebagai pengguna mobil, ada 2 jenis klakson yang patut Anda ketahui. Jenis tersebut adalah klakson mobil sumber daya listrik dan klakson mobil sumber daya udara. Nah, sesuai dengan namanya, kedua klakson tersebut diklasifikasikan menurut sumber daya.

    Untuk mengetahui lebih jelas tentang masing-masing jenis tersebut, Anda dapat menyimak beberapa variasi klakson daya listrik dan daya udara di bawah ini:

    • Klakson Mobil Sumber Daya Listrik

    Jenis klakson untuk mobil yang pertama adalah klakson yang berasal dari sumber daya listrik. Artinya, suara klakson yang dihasilkan berasal dari proses sambungan kelistrikan pada mobil. 

    Untuk jenis klakson yang bersumber daya listrik ini juga terbagi atas dua jenis, yakni sebagaimana berikut ini:

    • Klakson AC (Arus Bolak-Balik)

    Untuk klakson AC atau arus bolak-balik merupakan jenis klakson yang bergerak karena adanya tenaga listrik yang dihasilkan oleh magnet listrik. 

    Magnet listrik ini terdiri dari kutub selatan dan kutub utara, maka dari itu cara kerja klakson AC adalah membolak-balikkan magnet listrik tersebut.

    Pergantian yang terjadi pada kutub tadi akan menghasilkan getaran yang nantinya akan menghasilkan suara pada klakson mobil. Biasanya klakson AC ini memiliki komponen listrik yang mudah dan sederhana.

    • Klakson DC (Arus Searah)

    Selanjutnya adalah jenis klakson DC atau arus searah, yang mana berbeda dengan jenis sebelumnya. 

    Jika klakson DC memiliki arus listrik bolak-balik dan magnet listrik yang berbeda. Maka, klakson DC memiliki arus searah yang dapat menghasilkan bunyi.

    Biasanya, jenis klakson mobil DC ini memiliki bentuk seperti siput atau keong dan piringan. Klakson DC ini memiliki plat resonansi yang dapat menghasilkan suara klakson yang lebih harmonis dan tidak berisik.

    • Klakson Mobil Sumber Daya Udara