Berita

    Kenali Tanda Ban Mobil Perlu Diganti.

    Kapan terakhir kali Anda mengganti ban mobil? Ban jadi salah satu komponen mobil yang harus rutin diperhatikan. Selain fungsinya untuk membuat kendaraan bisa melaju, ternyata ban juga punya fungsi penting lain. 

    Ban berfungsi meredam guncangan, menahan beban kendaraan, meneruskan tenaga yang berasal dari mesin dan memaksimalkan fungsi kendali dari kemudi. Selama Anda menjaga kualitas ban, maka Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman. 

    Tanda Ban Mobil Perlu Diganti 

    Anda pasti pernah bingung kapan seharusnya ban pada mobil diganti? Bagaimana cara mengetahui kalau ban perlu segera diganti? Sebetulnya ada beberapa tanda yang bisa dijadikan patokan, untuk tahu waktu yang tepat mengganti ban. Berikut ini beberapa gejala yang mesti Anda ketahui: 

    • Ban Gundul

    Apabila ban sudah terlihat gundul, maka ini tanda bahwa ban kendaraan Anda sebaiknya diganti. Anda tidak perlu menunggu ban sampai gundul di beberapa bagian. Kalaupun bagian yang gundulnya di tengah saja atau separuh ban, lebih baik ganti ban dengan yang baru. Sebab ban gundul menjadi tanda bahwa ketebalan ban sudah tidak merata. 

    • Ban Sudah Sering Ditambal

    Ban yang bocor masih bisa Anda gunakan setelah ditambal. Namun jika ban mobil Anda sudah cukup sering ditambal, lebih baik segera ganti dengan ban yang baru. 

    Karena kualitas ban sudah menurun akibat banyaknya sobekan bekas benda tajam yang menyebabkan ban bocor. Kekuatan dari ban juga semakin berkurang, dan nantinya ban akan mudah bocor.

    Apalagi jika ditambah dengan kondisi ban yang banyak lecet karena berbenturan dengan permukaan keras. seperti jalanan berlubang dan trotoar jalan. Ketahanan ban jadi tidak merata dan menurun seiring penggunaan. Jangan sampai ban kendaraan Anda pecah baru mengganti ban baru.  

    • Usia Pakai Ban Sudah Lebih dari 3 Tahun

    Usia pakai ban kendaraan idealnya mencapai 3 tahun. Setelah itu kualitas ban akan menurun. Elastisitas ban akan semakin berkurang dan akhirnya ban menjadi getas. Terlebih jika Anda sering menggunakan kendaraan untuk kegiatan sehari-hari, usia pakai ban akan semakin pendek. 

    Pastikan Anda mengingat kapan terakhir ban Anda diganti. Kalau perlu catat bulan dan tahunnya. Supaya lebih mudah bagi Anda mengecek kondisi ban. Selain itu Anda juga bisa melihat kode produksi pada ban, saat pertama kali membeli mobil.