Berita

    Kenali Penyebab Lampu Sein Mati & Cara Mengatasinya

    Ketika lampu sein mati, tentu hal ini akan membahayakan Anda beserta dengan pengguna jalan yang lain. Lampu sein merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mesin kendaraan, baik motor serta mobil. 

    Lampu sein memiliki fungsi sebagai pemberi isyarat pada pengemudi lain jika Anda ingin berpindah jalur. Ada berbagai jalan yang akan dilalui, salah satunya adalah jalan tol. Saat berpindah jalur, lampu sein harus dinyalakan dahulu. 

    Lampu sein bahkan merupakan sistem penerangan pada mobil, saat lampu sein menyala warna kuning. Ketika lampu ini mati, tentu akan menjadi masalah besar. Lantas, bagaimana langkah mengatasi lampu sein yang mati? 

    Penyebab Lampu Sein Mati serta Cara Mengatasinya

    Ketika lampu sein tidak bekerja normal, Anda harus sesegera mungkin memperbaikinya. Ini karena lampu sein memiliki fungsi yang vital. Tidak sedikit pengemudi yang terlambat mengetahui bila lampu sein mereka mati, sehingga saat ingin memberi isyarat, pengemudi lain tidak mengetahuinya. 

    Berikut sejumlah penyebab lampu sein mati antara lain:

            1. Putusnya Bola Lampu

    Salah satu penyebab yang paling umum matinya lampu sein adalah bola lampu yang terputus. Dapat dikatakan penyebab ini umum terjadi. Lebih-lebih bila tidak menggunakan lampu berkualitas. 

    Durasi penggunaan bola lampu serta cara pengendara bisa menjadi penyebab dari putusnya lampu. Bukan hanya putus, bola lampu juga dapat pecah karena benturan dan panas yang berlebihan. Secara visual, Anda akan melihat kawat di bola lampu tidak menyambung.

            2. Sekring yang Putus

    Selain bola lampu, penyebab yang lainnya adalah sekring yang putus. Untuk mengeceknya, Anda dapat mencabut sekring yang mempunyai tulisan turn lamp. Bagian ini adalah penghubung dari sekring dengan lampu sein. Sehingga saat dicabut, Anda akan mengetahui apakah sambungan tersebut sudah putus. 

    Bila ternyata sudah putus, Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan kaki sekring dengan kawat tembaga. Tetapi, penyambungan ini hanya bisa dilakukan ketika berada dalam kondisi darurat, seperti tidak ada bengkel. 

            3. Matinya Aki Mobil

    Aki mobil memiliki fungsi sebagai penyimpan daya kemudian mengalirkannya ke lampu. Salah satunya pada lampu sein. Sehingga, jika aki tidak mempunyai daya yang disimpan untuk disalurkan, maka lampu sein mati.