Berita

    Jangan Asal Ganti! Memahami Ukuran Velg Mobil

    Memilih velg baru bukanlah perkara yang sepele. Ukuran velg mobil yang salah tidak hanya dapat mempengaruhi penampilan, tetapi juga kinerja keseluruhan. 

    Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pentingnya memahami ukuran velg pada mobil serta faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan penggantian.

    Perhatikan Ini sebelum Mengganti Ukuran Velg Mobil

    Ukuran velg pada mobil biasanya terdiri dari tiga angka, misalnya "17x7.5J". Angka pertama (17) menunjukkan diameter dalam inci, sedangkan angka kedua (7.5) adalah lebar dalam inci. 

    Kemudian huruf "J" menandakan jenis lip velg. Selain itu, ada juga angka lain yang memberikan informasi tentang jarak pemasangan lubang baut (P.C.D.), jumlah lubang baut (Bolt Pattern), dan offset velg.

    Ada beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan apabila memutuskan mengganti ukuran velg pada mobil. Berikut ini faktornya:

    • Ukuran Ban

    Pastikan untuk memilih ukuran velg yang sesuai dengan ukuran ban yang ingin Anda gunakan. Memilih ukuran velg yang tidak sesuai dengan ukuran ban dapat menyebabkan masalah dan menurunkan kinerja mobil.

    Sehingga Anda perlu memperhatikan diameter luar ban yang akan dipakai. Diameter ini sebisa mungkin harus sama. Sementara ukurannya saja yang diperbesar. 

    • Cek Aspek Rasio Ban

    Maksud dari aspek rasio ini adalah perbandingan tebal dan tipis ban yang bisa dihitung dari perbandingan persentase section high dan width

    rasio ban

    Freepik.com

    Section width ini bisa Anda dapatkan dengan mengukur sisi ban dari dalam. Sementara section high merupakan tinggi dari tapak ke dasar ban.

    Apabila rasionya semakin kecil, maka ban menjadi semakin tipis. Untuk itu, sebaiknya pilih aspek rasio yang sesuai dengan tipe mobil Anda.