Berita

    Rawan Dicuri, Ini Tips Menjaga Spion Mobil

    Spion mobil dicuri adalah salah satu masalah umum yang terjadi di Indonesia. Untuk itu, harus Anda jaga betul, supaya tidak kehilangan spion.

    Selain menjadi aksesori yang mahal untuk diganti, kehilangan spion juga dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara Anda. Dalam artikel ini, akan ada lima tips praktis untuk menjaga spion mobil Anda tetap aman.

    Spion Mobil Dicuri? Lakukan Ini untuk Mencegahnya

    Pencurian spion mobil adalah masalah yang serius yang dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan berkendara Anda.

    cara mencegah spion dicuripexels.com

    Untuk itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah pencurian spion mobil berikut ini.

    1. Parkir di Tempat yang Terang dan Ramai

    Salah satu cara paling efektif untuk mencegah pencurian spion mobil adalah dengan memarkir kendaraan Anda di tempat yang terang dan ramai. Pencuri cenderung menghindari melakukan tindakan kriminal di tempat-tempat seperti ini. 

    Parkir di tempat yang terang dan ramai dapat membuat pencuri ragu-ragu untuk beraksi. Sebab, risiko tertangkap akan lebih tinggi.

    1. Gunakan Pengaman Spion

    Pengaman spion adalah alat yang dirancang khusus untuk mencegah pencurian spion mobil. Ada berbagai jenis pengaman spion yang tersedia di pasaran, mulai dari kunci spion sederhana hingga pengaman spion elektronik yang lebih canggih. 

    Pilihlah pengaman spion yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Pengaman spion dapat memberikan lapisan tambahan perlindungan dan membuat maling lebih sulit untuk mencuri spion mobil Anda.

    1. Pasang Alarm Mobil

    Jangan lupa untuk mengaktifkan pengamanan tambahan dengan bantuan sistem alarm mobil. Alarm mobil ini membuat mobil Anda akan mengeluarkan suara berisik apabila tersentuh. 

    Hal ini tentu saja akan membuat warga sekitar memusatkan perhatian ke mobil Anda. Apabila ada maling yang terlanjur ambil spion, maka dapat tertangkap dengan segera oleh warga sekitar atau bahkan Anda.

    Selain itu, pasang kunci anti pencurian. Pengaman tambahan ini biasanya terbuat dari bahan yang kuat dan dilengkapi dengan mekanisme kunci atau kode khusus. 

    Memasang kunci anti-pencurian dapat membuat pencuri kesulitan dalam mengambil spion mobil Anda. Sebab mereka perlu mengatasi rintangan tambahan yang diberikan oleh kunci anti-pencurian.

    1. Lipat Kaca Spion Mobil

    Sebelum meninggalkan kendaraan, sebaiknya lipat kaca spion mobil Anda. Hal ini dapat mengurangi peluang spion mobil dicuri. Sebab, spion yang terlipat akan menyulitkan pencuri mengambilnya.

    Beberapa mobil telah dilengkapi fitur spion otomatis melipat setelah mobil terkunci. Apabila mobil Anda belum memiliki fitur tersebut, Anda dapat melipatnya secara manual. Tinggal membiasakan diri saja supaya tidak lupa melipat spion sebelum meninggalkan kendaraan.

    1. Menambahkan “Hiasan” pada Spion

    Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan menambahkan beberapa hiasan tambahan pada spion. Misalnya grafir plat kendaraan. Hal ini membuat pencuri akan kesulitan untuk menjualnya.

    Selain itu, Anda juga dapat menambahkan pelapis atau pelindung dengan hiasan seperti goresan, dan lain sebagainya. Ini sebagai bentuk kamuflase spion Anda kotor atau sudah usang.

    Kedua hal tersebut membuat pencuri berpikir ulang untuk melakukan pengambilan spion. Sebab, harga jualnya akan sangat rendah, atau bahkan tidak dapat dijual sama sekali karena ada aksen tertentu pada spion mobil Anda.

    Tips tersebut dapat mengurangi risiko spion mobil Anda dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan untuk memperhatikan betul langkahnya, dana lakukan tips tersebut saat memarkir di tempat umum.