Berita

    Memahami Sistem AWD, 2WD, 4WD, RWD, dan FWD pada Mobil

    Sebagian pengguna mobil mungkin sudah mengetahui berbagai jenis sistem penggerak yang umum digunakan. Misalnya, sistem AWD yang penggunaannya cukup populer.

    Namun, mungkin saja masih banyak orang yang belum mengetahui berbagai sistem penggerak tersebut. Maka dari itu, mari intip informasi pada artikel berikut dan pilih tipe penggerak mobil yang paling cocok untuk kebutuhan Anda!

    Perbedaan Sistem AWD, 2WD, 4WD, RWD, dan FWD

    Ada berbagai sistem penggerak yang bisa digunakan oleh kendaraan bermotor, misalnya untuk menggerakkan mobil. Supaya dapat memahami setiap jenis sistem tersebut, perhatikan penjelasan berikut ini:

    • All Wheel Drive

    Pertama, ada sistem penggerak AWD atau yang merupakan kepanjangan dari All Wheel Drive. Sistem ini dapat membuat mobil akan menggunakan seluruh rodanya ketika menempuh berbagai jenis medan.

    Dengan menggunakan sistem ini, maka keempat roda akan bekerja, baik di jalanan yang mulus maupun jalanan dengan berbagai rintangan. Karena semua roda bekerja, maka sistem ini terbilang cukup memakan banyak bahan bakar.

    • 2 Wheel Drive

    Jika tadi membahas tentang sistem yang membuat keseluruhan roda yang bekerja, maka kini akan dibahas tentang sistem yang menggerakkan dua buah roda saja.

    2WD merupakan singkatan dari 2 Wheel Drive, yang berarti berkendara dengan memanfaatkan dua roda untuk menjadi tumpuannya. Sistem penggerak ini cukup populer untuk berbagai jenis mobil era kini, misalnya mobil sedan, SUV, dan MPV.

    • 4 Wheel Drive

    Selanjutnya, ada sistem penggerak 4WD yang sering disamakan dengan sistem all wheel drive yang dibahas pertama tadi. Namun sebenarnya, kedua sistem ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

    Jika menggunakan sistem AWD, maka seluruh rodanya akan selalu bekerja tanpa perlu diatur oleh pengemudi. Dalam lintasan apapun, keempat roda akan bekerja secara bersamaan.

    Namun, jika memakai sistem ini, maka Anda bisa mengatur jumlah roda yang perlu bekerja. Anda bisa mengaturnya untuk menggunakan kedua roda bagian belakang saja, kedua roda bagian depan saja, atau keempat roda sekaligus.

    Karena memiliki kemudahan untuk memilih jumlah roda yang berfungsi, maka sistem penggerak ini banyak digunakan untuk mobil jenis offroad. Sistem ini juga dapat mempermudah berbagai manuver di medan-medan yang cukup ekstrem.

    • Rear Wheel Drive

    Selanjutnya, ada sistem penggerak RWD atau Rear Wheel Drive. Sistem ini hanya memungkinkan mobil untuk bergerak menggunakan dua buah roda, yaitu roda yang terletak di bagian belakang.

    Xl7

    Ini merupakan sistem pengaturan yang sudah tidak dapat diubah lagi, atau sudah secara otomatis akan berfungsi seperti itu.

    Dengan memanfaatkan kinerja dari roda belakang, maka jenis penggerak ini akan meminimalisir kemungkinan selip atau roda berputar. Hal ini sangat berguna ketika berada di tanjangan, terlebih jika sedang membawa banyak penumpang.

    • Front Wheel Drive

    Jika sebelumnya ada sistem yang memanfaatkan dua buah roda belakang, maka sistem ini adalah kebalikannya. FWD atau  Front Wheel Drive merupakan sistem penggerak yang akan memanfaatkan kedua roda di bagian depan.

    Pengaturan ini pun tidak dapat diubah, sehingga secara otomatis roda depan yang akan berfungsi ketika melintasi berbagai jenis medan.

    Sistem penggerak jenis ini memiliki keuntungan ketika mobil melintasi jalanan yang licin, karena dapat membuat manuver tetap stabil dan meminimalisir berbagai risiko keselamatan.

    Itulah berbagai penjelasan tentang macam-macam sistem penggerak pada kendaraan, mulai dari sistem yang sudah diatur secara paten, hingga sistem penggerak yang bisa disesuaikan dengan kondisi medan.

    Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan lebih mudah ketika memilih dan membeli mobil. Memakai sistem penggerak yang sesuai dapat membuat Anda meminimalisir berbagai risiko keselamatan ketika berkendara.