Berita

    Simak Cara Kerja Klakson Mobil Waterproof

    Klakson waterproof kini menjadi pilihan para pemilik mobil. Sebab, komponen yang satu ini memiliki fungsi penting bagi mobil. Namun keberadaannya sering terganggu apabila terkena air atau bahkan lumpur. 

    Nah, dengan teknologi waterproof, maka klakson dapat terjaga. Sehingga fungsinya tetap nyaring saat digunakan pengemudi.

    Sistem Kerja Klakson Waterproof dan Harga Belinya

    Mobil sebenarnya sudah memiliki klakson bawaan yang berbentuk disc. Namun suaranya akan teredam apabila kemasukan air. Akibatnya saat hujan atau melewati jalanan becek, klakson kerap tak berfungsi.

    Dari sinilah kemudian teknologi waterproof muncul. Tujuannya supaya klakson tetap berbunyi nyaring, meski sedang hujan badai.

    Lalu Bagaimana Cara Kerja Klakson Waterproof?

    Produsen klakson anti air ini memanfaatkan desain khusus supaya air tak mengganggu kinerja komponen ini. Saluran rumah keong, sebutan untuk komponen klakson, didesain tertutup. 

    Tak hanya itu, beberapa produsen tertentu juga membuat sebuah lubang dengan sirip yang menghadap bawah. Tujuannya, supaya cipratan air atau kotoran yang masuk ke rumah keong, langsung terlempar ke bawah. Artinya, air atau kotoran akan langsung dikeluarkan, tidak mengendap dalam rumah keong.

    Selain itu, klakson juga dibuat dengan material khusus yang berfungsi untuk melindungi komponen dari air. Tak hanya itu, kondisi klakson berkarat juga bisa dihindari dengan bahan ini.

    Kelemahan Klakson Anti Air

    Meski memiliki fitur anti air, namun klakson ini juga bisa tak berfungsi. Kondisi ini bakal terjadi jika mobil Anda terendam air. Seperti hal saat banjir, atau jika mencuci mobil di sungai yang sampai merendam rumah keong..

    Sebab, fitur waterproof hanya berfungsi untuk melindungi komponen dari cipratan. Bukan berarti tahan terhadap rendaman air.

    Cara Memilih Klakson Waterproof

    Anda tidak bisa sembarangan saat memilih klakson anti air. Pastikan bukan hanya klaim, namun juga terdapat bukti seperti sertifikasi. 

    Salah satu sertifikasi untuk klakson anti air adalah IP56 weather resistant. Artinya klakson ini telah lulus dengan pengujian air dari segala arah, kotoran juga debu yang masuk.