Berita

    Penyebab Suhu AC Mobil Terasa Tidak Stabil

    Suhu AC mobil yang tidak stabil bisa mengganggu kenyamanan penumpang di dalam kendaraan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui penyebab dari AC mobil yang bermasalah.

    Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mengetahui langkah-langkah cara mengatasi temperatur AC mobil yang tidak stabil secara tepat. Tertarik untuk membahasnya? Berikut simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah berikut ini!

    Penyebab Suhu AC Mobil Tidak Stabil

    Ada banyak faktor yang bisa menjadi pemicu suhu pendingin pada mesin mobil naik turun. Tentunya penyebab ini juga nantinya perlu diatasi dengan cara yang berbeda. Berikut beberapa faktor penyebab AC mobil naik turun!

    • Kehabisan Gas Freon

    Gas freon adalah bahan baku utama agar AC mobil bisa memproduksi uap dingin secara optimal. Tanpa adanya komponen ini, maka kompresor AC pun akan kesulitan dalam mendistribusikan uap dingin ke blower AC mobil.

    Akibatnya, kabin mobil terasa panas dan membuat suhu ruang tidak stabil. Maka itu, ketika Anda merasa suhu mobil terasa tidak stabil, periksa bagian gas freon sebelum melakukan perjalanan jauh.

    • Penyumbatan Filter AC Mobil

    Penyebab lainnya juga bisa terjadi akibat adanya penyumbatan filter AC mobil. Umumnya, penyumbatan ini disebabkan karena banyaknya kotoran atau debu yang menempel di sekitar filter AC mobil.

    Kondisi ini akan membuat cairan freon yang dialirkan dari kondensor semakin berkurang. Sehingga hasil uap dingin dari expansion valve lebih sedikit dan tidak mampu membuat ruang mobil terasa dingin.

    • Kerusakan Kompresor Extra Fan

    Penyebab lainnya ada juga karena adanya kerusakan pada komponen AC mobil seperti extra fan. Jika bagian ini telah rusak, maka fungsinya yang dapat menyalurkan udara dingin ke kabin mobil pun hilang. 

    Alhasil, uap dingin dari blower AC juga tidak dapat menyalurkan ke berbagai sudut ruangan mobil. Hal ini yang membuat kabin mobil terasa panas dan pengap selama perjalananan. 

    • Bagian Evaporator Kotor

    Evaporator adalah tempat penampungan dimana uap dingin yang telah dihasilkan oleh expansion valve. Jika bagian ini dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menempel, maka akan menghalangi keluarnya uap dingin ke AC mobil.

    Akibatnyam fungsi dari evaporator sendiri menjadi terganggu dan membuat temperatur AC mobil menjadi tidak stabil. Tentu masalah ini pun bisa mengganggu kenyamanan Anda saat di perjalanan.

    Cara Mengatasi Penyebab Suhu AC Mobil Tidak Stabil

    Setelah memahami apa saja penyebab AC mobil tidak stabil, maka perlu pahami juga bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

    filter ac

    Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi suhu AC yang bermasalah:

    • Isi Ulang Gas Freon

    Jika penyebab AC mobil tidak stabil karena kehabisan gas freon, maka Anda bisa mengisi ulang kembali. Lakukan pengisian ulang gas freon sesuai dengan tipe mobil yang Anda gunakan.

    • Bersihkan Komponen AC Mobil

    Karena penyumbatan kotor menjadi penyebab mengapa AC mobil bermasalah, maka penting untuk membersihkan komponen tersebut secara berkala. Anda bisa membersihkan komponen seperti filter AC, evaporator, dan kondensor secara teratur.

    • Ganti Komponen AC Mobil yang Rusak

    Langkah terakhir tentunya adalah mengganti komponen AC mobil yang telah rusak. Jika terdapat komponen yang rusak, Anda bisa melakukan perbaikan di bengkel terpercaya yang menjual suku cadang asli agar tahan lama.