Berita

    Simak Fungsi Oli Gardan yang Penting Bagi Kendaraan

    Kerusakan pada komponen mobil tentunya membuat resah apalagi jika terjadi di daerah yang jauh dari bengkel. Untuk itu diperlukan selalu cara untuk merawat mobil salah satunya dengan menggunakan oli gardan secara rutin.

    Sekilas mungkin Anda tampak asik mendengar nama oli tersebut. Lantas, apa sebenarnya fungsi? Yuk, ikuti artikel berikut ini.

    Apa Sih Kegunaan Oli Gardan pada Mobil?

    Bagi kamu pengguna mobil transmisi otomatis mungkin sudah tidak asing mendengar gardan oli atau gear oli. Oli jenis ini harus terpenuhi guna menjaga komponen yang ada pada mobil transmisi otomatis. Yuk, simak lebih rinci apa saja kegunaan oli ini.

            1. Membuat Gear Ratio Menjadi Licin

    Gear ratio yang licin dapat memperkecil terjadi kerusakan karena dapat memperlancar gesekan yang terjadi. Inilah komponen utama yang harus Anda jaga betul karena jika terjadi kerusakan siap-siap mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Untuk itu lakukan penggantian gear oli secara rutin ya!

            2. Memperkecil Gaya Gesek pada Komponen

    Oli memiliki sifat yang licin sehingga pergerakan komponen dapat menjadi lebih lancar akibat kecilnya gaya gesek yang terjadi.

            3. Menghindari Timbulnya Suara Mesin yang Mengganggu

    Kurangnya gear oli dapat membuat gear ratio rusak. Hal ini kemudian dapat menyebabkan kotak CVT menjadi rusak juga. Akibatnya siap-siap saja Anda akan mendengarkan suara bising yang mengganggu pendengaran saat di perjalanan.

            4. Membantu untuk Membelokkan Roda

    Gear oli dapat menyelimuti komponen transmisi sehingga setiap pergerakkan dapat dilakukan dengan mudah. Anda bisa membelokkan mobil dengan baik ketika gear oli terpenuhi dengan baik. 

            5. Mengurangi Kemungkinan Terjadinya Overheat

    Hati-hati, overheat dapat menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan-kerusakan lainnya. Karenanya, Anda harus rajin untuk mengganti gear oli agar tidak terjadi peningkatan suhu yang signifikan yang pada akhirnya dapat menyebabkan overheat.

    Apa Sih Ciri-Ciri Oli Gardan Harus Diganti?

    Anda sudah mengetahui fungsi dari gear oli sehingga sangat diharuskan untuk menggantinya secara rutin. Untuk itu, ada beberapa tanda jika gear oli harus diganti untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

            1. Terjadi Perubahan Bentuk pada Oli