Berita

    Ketahui ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

    Rocker arm adalah bagian dari mesin mobil. Komponen ini adalah bagian system valve train yang berada di kepala silinder. Sehingga, komponen ini mudah ditemukan di mesin dengan jenis OHV serta OHC.

    Biasanya, pengguna mobil menyebut rocker arm ini sebagai templar atau pelatuk katup. Lokasi dari komponen ini sendiri sangat mudah ditemukan. Biasanya, lokasi komponen ini berada di penggalan kepala silinder, tepatnya di shaft.

    Bagian ini disebut dengan rocker shaft, sedangkan lokasi dari shaft ini berada di antara katup dan camshaft. Sebenarnya, dapat diartikan jika komponen yang berada di kepala silinder menjadi bagian camshaft dan katup.

    Berbagai Fungsi Rocker Arm

    Setelah sekilas mengenal komponen penting ini, berikut berbagai macam fungsi yang dimilikinya, seperti:

    1. Membuka Serta Menutup Katup Hisap

    Untuk menjalankan fungsi yang dimilikinya, komponen ini bersama dengan camlobe yang berada di camshaft, sehingga tonjolan yang berguna untuk menekan komponen ini ialah nok atau comlobe. 

    Sehingga, ketika comlobe mendorong komponen ini, secara otomatis akan terjadi proses penekanan sehingga katup terbuka. 

    Bila katup intake ditekan oleh komponen ini, terjadi pencampuran material bahan bakar serta udara. Campuran ini kemudian masuk ke ruang bahan bakar mesin dan terjadi proses pembakaran. 

            2. Membuka Serta Menutup Katup Buang

    Komponen ini bukan hanya bertugas untuk membuka serta menutup katup hisap, namun juga berguna untuk membuka serta menutup katup buang atau yang sering disebut dengan exhaust valve.

    Pada dasarnya proses buka tutup yang dimilikinya sama saja seperti yang dilakukan pada katup hisap. Ketika katup buang tertekan oleh komponen ini, gas yang berasal dari hasil pembakaran akan mudah keluar dari ruang bakar dan menuju ke exhaust manifold.

            3. Menyetel Celah Katup

    Bila klep pada mesin kendaraan yang Anda miliki masih membutuhkan penyetelan, ujung dari komponen ini bisa membantu menyesuaikan dengan nilai spesifikasi seperti yang dibutuhkan. 

    Khususnya pada rocker arm yang mempunyai baut penyetel celah katup serta mur di bagian ujungnya. Bila bukaan terlalu kecil atau terlalu besar, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin serta komponen sistem katup. 

            4. Penghubung Camshaft dengan Katup

    Camshaft serta crankshaft adalah komponen yang memiliki tugas menggerakkan benda ini melalui gesekannya. Karena memiliki fungsi sebagai pembuka celah katup buang serta katup hisap, bila tidak ada komponen ini, tentu mekanisme katup bisa berjalan tidak sempurna.