Berita

    Ini Perbedaan Busi Iridium Mobil dan Busi Biasa, Lebih Bagus yang Mana.

    Busi Iridium secara kualitas tentu jauh lebih baik dari busi standar dan platinum, yang sering digunakan di mobil. Busi ini dianggap memiliki kualitas yang baik karena mampu mengerek performa mobil. Karena dianggap sebagai busi yang diperuntukan untuk mobil berperforma tinggi, busi iridium biasa diidentikan dengan mobil yang sering menggunakan rpm tinggi. Ia juga dianggap termasuk kategori busi racing dan busi tipe dingin.

    Kelebihan busi iridium terletak pada kemampuannya menghasilkan akselerasi mesin yang sangat agresif dan tarikan kendaraan menjadi lebih spontan dan terasa lebih panjang. Busi Iridium sendiri memiliki fungsi seperti busi lainnya yakni salah satu komponen vital mobil yang berada pada sistem pengapian. Ia bertugas membantu mengoptimalkan campuran udara dengan bahan bakar di ruang pembakaran.

    Busi ada banyak macam jenisnya. Setiap jenis tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebab, busi harus disesuaikan dengan karakter dan tingkat kompresi kapasitas mesin. 

    Berikut di bawah ini jenis busi yang harus kamu ketahui

     1. Busi Standar (Copper)

    Busi standar umumnya digunakan untuk mobil-mobil yang biasa digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Busi jenis ini memiliki usia yang panjang  dan mampu menjaga kestabilan mesin mobil. Meskipun tahan lama, sebagai busi standar, kinerjanya juga biasa-biasa saja. Busi copper tidak begitu berpengaruh pada performa mobil, tetapi ia sangat awet. Busi jenis ini, dianjurkan untuk dipakai pada mobil dengan putaran mesin rendah hingga menengah saja. 

    2. Busi Platinum

    Busi platinum masuk dalam kategori busi racing. Ia memiliki desain yang lebih lancip pada titik pengapian sehingga dianggap dapat memicu pengapian lebih baik. Busi platinum sangat responsive digunakan pada rpm bawah. Sayangnya jenis busi ini memiliki usia pakai yang tidak terlalu lama seperti busi standar. Biasanya busi platinum bisa berumur 3-4 tahun untuk penggunaan kendaraan sehari-hari.

    3. Busi Iridium

    Busi iridium sejauh ini dianggap adalah busi racing dengan kemampuan performa yang tinggi. Seperti yang telah diuraikan diatas jenis busi iridium mampu memberikan asupan performa bagi mobil. itu, sebabnya ia diperuntukan untuk mobil yang sering menggunakan rpm tinggi. Mobil yang biasanya menggunakan busi Iridium memiliki akselerasi mesin spontan dan kencang. Busi ini cocok digunakan untuk kegiatan sport yang berpacu pada kecepatan. Busi ini memang tidak disarankan untuk pemakaian pada mobil harian. Namun tetap bisa digunakan. Jika ingin menggunakannya pada mobil biasa efeknya adalah stasioner mesin menjadi tidak stabil dan umur busi menjadi sangat pendek.