Berita

    Tetap Awet! Cara Merawat Pintu Mobil

    Melakukan perawatan secara rutin tidak hanya difokuskan pada tampilan bodi dan mesin saja. Anda pun harus memahami cara merawat pintu mobil agar tetap awet. Sayangnya, masih banyak pengguna yang tidak memperhatikan bagian mobil yang satu ini. 

    Akibatnya, pintu mobil akhirnya tidak bisa berfungsi dengan baik, misalnya saja tidak bisa ditutup dengan rapat. Akan sangat berbahaya pintu mobil yang rusak jika tidak segera diperbaiki. 

    Lantas, bagaimana cara yang tepat dalam merawat pintu mobil tersebut? Ketahui, pahami, dan terapkan langkah-langkahnya melalui informasi berikut!

    Pahami Cara Merawat Pintu Mobil agar Tetap Awet

    Selain membahayakan pengguna, kondisi pintu yang rusak tersebut juga akan membuat air dengan mudah masuk ke dalam kabin. Itu sebabnya, Anda tidak boleh abai dengan kondisi pintu mobil. 

    Agar performanya tetap prima, cobalah menerapkan beberapa kiat merawat pintu mobil di bawah ini:

    • Perhatikan Cara Menutup Pintu

    Langkah pertama adalah memperhatikan cara menutup pintu mobil. Hindari menutup pintu dengan keras ketika akan membuka atau menutup pintu mobil. Sebaliknya, biasakan untuk mendorong atau menarik pintu mobil dengan kekuatan normal. 

    Meskipun terkesan sepele, namun kenyataannya kebiasaan sederhana ini akan membuat pintu mobil semakin awet. 

    • Hindari Benturan

    Langkah yang kedua adalah menghindari terjadinya benturan yang sangat keras pada pintu. Sebab, benturan yang sangat keras akan membuat posisi pintu mobil Anda menjadi bergeser atau bahkan terlepas. 

    Untuk meminimalisir terjadinya benturan pada pintu disarankan untuk tidak parkir di tempat yang terlalu sempit. 

    • Tepat Memilih Tempat Parkir

    Langkah yang ketiga adalah bijak dalam memilih tempat parkir mobil. Cuaca panas yang ekstrem bisa membuat cat bodi dan karet pada pintu mobil menjadi getas. 

    Akibatnya, umur pemakaian karet pintu mobil menjadi lebih pendek. Jadi, pilihlah tempat parkir yang teduh atau di dalam ruangan.  

    • Jangan Menyentuh Karet Pintu

    Cara merawat pintu mobil berikutnya adalah dengan tidak menyentuh atau menggosok karet pada pintu mobil secara langsung karena rentan rusak. 

    Sebab, kebiasaan ini bisa membuat komponen in menjadi tergores, robek, atau terlepas. Ini bisa membuat pintu mobil kesayangan Anda berpotensi lebih cepat rusak. 

    Usahakan hanya menyentuh handle pintu atau bagian lain yang memang dirancang untuk bisa disentuh saat membuka atau menutup pintu.  

    • Bersihkan Karet Pintu

    Selain tidak boleh menyentuh, komponen karet juga harus dibersihkan secara berkala. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel di karet karena bisa mengganggu fungsi dari karet itu sendiri. 

    karet pintu mobil

    Adapun cara membersihkannya adalah dengan menggunakan kuas kecil, lap halus, dan air bersih yang bisa dilakukan bersamaan dengan saat mencuci mobil. 

    • Berikan Pelumas

    Langkah selanjutnya adalah memberikan pelumas khusus yang mengandung parafin secara rutin. Hindari pelumas dengan kandungan oli karena akan membuat kotoran dan debu semakin mudah menempel dan susah untuk dibersihkan. 

    Tidak perlu banyak, Anda hanya perlu mengoleskan sedikit pelumas ke bagian rel pintu atau ke permukaan karet secara merata dengan menggunakan lap bersih. 

    • Cek Bearing dan Tangkai Pengimbang Regulator

    Langkah yang terakhir adalah melakukan pengecekan terhadap bearing dan tangkai pengimbang regulator. Kedua komponen yang ada pada pintu mobil ini memiliki peranan yang cukup penting. 

    Jika bearing tidak dicek dan dirawat dengan baik akan menimbulkan bunyi yang cukup mengganggu. Sedangkan tangkai pengimbang regulator yang tidak terawat akan membuat pintu mobil menjadi berat atau tidak bisa dibuka dengan baik. 

    Untuk mencegah kerusakan, Anda perlu memberikan sedikit pelumas pada kedua komponen tersebut. 

    Itulah ketujuh cara merawat pintu mobil yang perlu diperhatikan dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun jika merasa kurang yakin, Anda bisa mempercayakan perawatan ini kepada mekanik ahli. 

    Langsung saja kunjung bengkel resmi Suzuki terdekat atau melakukan booking service melalui website resmi! Informasi lebih lanjut bisa Anda peroleh di suzukigunungsahari.co.id.