Berita

    Featured Image

    Fitur-Fitur Mobil Ini Sangat Membantu Proses Mengemudi

    Ada banyak sekali fitur mobil yang ternyata bisa membantu proses mengemudi dan membuat pengemudi jadi lebih nyaman. Tentunya fitur-fitur tersebut harus dipahami dengan baik agar bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya. 

    Teknologi yang semakin canggih juga ikut berpengaruh pada ragam fitur yang ada pada sebuah mobil. Bisa dilihat sendiri kalau saat ini mobil-mobil keluaran terbaru dilengkapi fitur yang semakin lengkap dan bermanfaat. 

    Fitur Mobil yang Membantu Proses Mengemudi

    Sebagai pengemudi, Anda tentu akan merasa jauh lebih nyaman jika dibantu fitur-fitur yang canggih. Berikut ini ada beberapa fitur yang ternyata bisa sangat bermanfaat dan membuat pengalaman mengemudi jadi lebih menyenangkan. 

    • Cruise Control

    Pertama ada fitur cruise control yang saat ini sudah ditemukan pada beberapa tipe mobil keluaran terbaru. Cruise control merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan saat berkendara. 

    Anda bisa mengaktifkan fitur ini hanya dengan menekan satu tombol di bagian lingkar kemudi. Jika Anda melaju di jalan tol dan kondisinya cukup sepi, fitur ini jelas akan sangat bermanfaat. 

    • Paddle Shift

    Selanjutnya ada fitur bernama paddle shift yang berguna untuk mempermudah proses pemindahan gigi. Fitur ini umumnya dijumpai pada jenis mobil dengan sistem transmisi otomatis. 

    Misalnya saja saat Anda ingin menyalip kendaraan yang ada di depan. Anda bisa menjentikkan jari di bagian paddle shift sehingga mobil akan mengurangi gigi secara otomatis dan melakukan penambahan gigi saat dibutuhkan. 

    • Rem ABS dan EBD

    Fitur mobil berikutnya yang juga sangat bermanfaat bagi pengemudi mobil adalah fitur rem ABS dan EBD. Ini merupakan fitur keselamatan yang akan mempermudah Anda saat harus mengerem mobil. 

    ABS merupakan Anti-lock Braking System lalu EBD merupakan Electric Brake-force Distribution. Keduanya akan membantu ban agar mengerem secara mandiri hanya dengan memberi satu tekanan pada pedal rem. 

    • Hill Start Assist

    Ada juga fitur hill start assist yang juga memberi kemudahan bagi pengemudi mobil. Fitur ini digunakan jika mobil Anda sedang terjebak kemacetan di jalan yang menanjak. 

    Jika Anda mengaktifkan fitur ini maka mobil tidak akan langsung mundur meskipun nantinya Anda melepaskan pedal rem.

    Fitur ini sekarang sudah banyak dijumpai di berbagai tipe mobil untuk meningkatkan keselamatan pengendara. 

    • Start-Stop Button

    Fitur yang satu ini sebenarnya sudah cukup umum dijumpai di berbagai mobil kelas menengah. Start-Stop button merupakan tombol yang dipakai untuk menjalankan dan menghentikan mobil. 

    Start-Stop ButtonFreepik.com

    Tombol ini membuat Anda tidak lagi membutuhkan kunci untuk menyalakan mobil. Remote atau kunci mobil hanya perlu disimpan karena Anda bisa menyalakan mobil hanya dalam sekali tekan. 

    • Electric Spion Retract

    Anda juga bisa memanfaatkan fitur electric spion retract untuk mempermudah proses pengemudi. Fitur ini memungkinkan spion untuk terbuka dan terlipat secara otomatis hanya dengan menekan satu tombol. 

    Biasanya saat berkendara Anda perlu melipat spion jika melewati jalanan sempit. Kondisi ini juga dibutuhkan saat Anda parkir dan berhimpitan dengan kendaraan lain.

    Tidak perlu lagi melipat dan membuka spion secara manual, cukup tekan tombol saja. 

    • Kamera dan Sensor Parkir

    Parkir mobil jadi semakin mudah dan cepat berkat adanya fitur kamera dan sensor parkir. Fitur ini akan mempermudah Anda untuk melihat kondisi di belakang dan sekitar mobil saat harus parkir di suatu tempat. 

    Fitur mobil mana yang menurut Anda paling memberi kemudahan saat mengemudi? Pastikan untuk memakai fitur-fitur tersebut dengan tepat sesuai fungsinya.